Senin, 07 Maret 2011

manajemen sumber daya perairan

MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN (MSP)
SUMBERDAYA PERAIRAN (SDP) HARUS DIKELOLA KARENA STATUS SUMBERDAYA PERAIRAN YANG COMMON PROPERTY (MILIK BERSAMA), BILA TIDAK MAKA AKAN MUNCUL KONFLIK PERSAINGAN ANTARA PARA PEMANFAATNYA !!!
SUMBERDAYA PERAIRAN SECARA UMUM DIBAGI JADI PERAIRAN TAWAR DAN PERAIRAN ASIN (LAUT).

v PERAIRAN TAWAR DAPAT BERBENTUK DANAU, WADUK, SITU, KOLAM, GENANGAN, RAWA, OXBOW LAKE (GENANGAN AIR YANG TERBENTUK DARI BELOKAN SUNGAI YANG TERPUTUS, DAN BENTUK LAIN

v PERAIRAN ASIN (LAUT) : ESTUARIA, PERAIRAN PESISIR (TELUK, FYORD, PADANG LAMUN, TERUMBU KARANG, SELAT, LAUTAN)

v DISAMPING KEDUA TIPE SUMBERDAYA PERAIRAN TSB JUGA ADA PERAIRAN ANTARA TAWAR DAN ASIN YAITU RAWA-PAYAU

• BERBAGAI TIPE EKOSISTEM TERSEBUT MASING-MASING MEMILIKI KARAKTERISTIK SENDIRI-SENDIRI BAIK TOPOGRAFI, EKOLOGI, HABITAT DAN MAKHLUK HIDUPNYA

Ø SEMUA KARAKTERISTIK TSB SANGAT DITENTUKAN OLEH MASUKAN DAN KELUARAN (INPUT DAN OUTPUT) AIR TAWAR DAN ASIN DAN LINGKUNGAN SEKITARNYA, SEHINGGA BERBEDA EKOSISTEM BERBEDA PULA CARA PENGELOLAANNYA.

Ø SECARA UMUM TUJUAN PENGELOLAAN SDP (AKUATIK) ADALAH SEMAKSIMAL MUNGKIN SUMBERDAYA PERAIRAN (HAYATI DAN NON HAYATI/MAKHLUK HIDUP/IKAN DALAM ARTI LUAS DAN BENDA MATI DI DALAMNYA, TERMASUK PERAIRAN BUATAN UNTUK WISATA) DAPAT DIMANFAATKAN UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN DAN TARAF HIDUP MANUSIA DENGAN TETAP MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN KELESTARIANNYA.

• ATAU DENGAN KATA LAIN, CIPTAKAN MANFAAT SEBESAR-BESARNYA SDP DENGAN TETAP MEMINIMALKAN DAMPAK NEGATIFNYA, BAIK TERHADAP LINGKUNGAN AKUATIK MAU PUN TERHADAP MAKHLUK HIDUPNYA.



ü SDP KHUSUSNYA PERAIRAN TAWAR MERUPAKAN SUMBER UTAMA KEHIDUPAN MAKHLUK HIDUP DI DUNIA : KEPERLUAN HARIAN (MCK), PERTANIAN, PETERNAKAN, PERKEBUNAN, SARANA TRANSPORTASI, AIR BAKU INDUSTRI, PERIKANAN, REKREASI, OLAHRAGA, DLL, JUGA MERUPAKAN AKAR BUDAYA SUATU BANGSA. DAN BAHKAN JADI TEMPAT PEMBUANGAN LIMBAH

KEBERADAAN SUNGAI, DANAU, WADUK, DLL SANGAT DITENTUKAN OLEH KONDISI DAERAH TANGKAPAN HUJAN (CATCHMEN AREA). SEKARANG KEBERADAAN HUTAN ALAMI DI INDONESIA SUDAH SANGAT KRITIS



ü KONDISINYA., KARENA DIUBAH UNTUK KEPERLUAN LAIN (PERTANIAN, PERKEBUNAN, PERUMAHAN) JUGA PENEBANGAN KAYU ILEGAL (ILLEGAL LOGGING) DAN LEGAL UNTUK DIAMBIL KAYUNYA. BAHKAN HUTAN LINDUNG IKUT DI CURI

• DAMPAKNYA : BANJIR, EROSI, AIR WADUK/DANAU MENYUSUT SHG MENGGANGGU PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK

v PERAIRAN LAUT HARUS PULA DIKELOLA, APALAGI SKRG BANYAK AKTIVITAS MANUSIA YG MERUSAK : PENAMBANGAN MIGAS, PASIR, TIMAH, PENANGKAPAN DG ALAT YG MERUSAK SPT PUKAT HARIMAU, BOM, RACUN DAN BANYAKNYA LIMBAH YG DIBUANG KE LAUT.

v PENGELOLAAN SDP LAUT MAKIN SULIT KARENA TERBATAS SARANA PRASARANA PENEGAK HUKUM UNTUK MENGAWASI LAUT YANG LUAS, DAN ADA YANG BERBATASAN DG NEGARA LAIN

v KARENA ITU SDP HARUS DISELAMATKAN MELALUI LANGKAH TERPADU ANTAR LEMBAGA YANG BERTANGGUNGJAWAB !!!

• KONDISI UMUM PERAIRAN TAWAR DI INDONESIA

Ø AWAL TAHUN 1990-AN : LUAS PERAIRAN UMUM/TAWAR DI INDONESIA DIPERKIRAKAN >55 JUTA HEKTAR TERDIRI DARI 11,95 JUTA HA SUNGAI BESERTA LEBAKNYA, DANAU ALAM DAN BUATAN/WADUK 2,1 JUTA HA DAN PERAIRAN RAWA 39,4 JUTA HA DENGAN MULTI FUNGSI.

ü PLTA YANG DIBANGUN DENGAN MENGGUNAKAN DANAU ALAMI : ASAHAN (DANAU TOBA), MANINJAU (DANAU MANINJAU), SINGKARAK (DANAU SINGKARAK, KERINCI (DANAU KERINCI) DLL.

Ø PLTA MEMANFAATKAN DANAU BUATAN/WADUK : KOTO PANJANG (KAMPAR), JATILUHUR, CIRATA, SAGULING, CURUG, RIAM KANAN, DLL

ü PEMANFAATAN DANAU/WADUK TERSEBUT DAPAT BERMASALAH DAN BERMANFAAT !!!

• PERAIRAN LAUT (ASIN)

ü INDONESIA MERUPAKAN NEGARA KEPULAUAN TERBESAR DI DUNIA DAN BERDASARKAN KONVENSI NASIONAL MARITIM DI MAKASSAR TAHUN 1998, SECARA GEOGRAFIS, INDONESIA MERUPAKAN BENUA MARITIM INDONESIA.

ü DIBAGI ATAS 2 PAPARAN BENUA (LANDAS KONTINEN) YANG DANGKAL (KEDALAMAN < 200M) YAITU PAPARAN SUNDA DAN PAPARAN SAHUL. ANTARA DUA SAMUDERA YAITU HINDIA (BANYAK MEMPENGARUHI PAPARAN SUNDA) DAN SAMUDERA PASIFIK (BANYAK MEMPENGARUHI PAPARAN SAHUL).

ü TERLETAK PULA ANTARA DUA BENUA SHG SANGAT MEMPENGARUHI IKLIM SERTA SIFAT OSEANOGRAFI PERAIRAN INDONESIA.



• PENGERTIAN DAN KLASIFIKASI PERAIRAN

Ø PENGERTIAN DAN KLASIFIKASI PERAIRAN MENCAKUP TIPE, CIRI DAN STATUS PENGUASAANNYA, YG DIMAKSUD SBB :



• PERAIRAN UMUM (OPEN WATERS/INLAND WATER) ADALAH BAGIAN DARI PERMUKAAN BUMI YANG SECARA PERMANEN ATAU BERKALA DIGENANGI AIR , BAIK AIR TAWAR, PAYAU MAU PUN AIR LAUT, MULAI DARI PASANG SURUT LAUT TERENDAH KE ARAH DARATAN DAN BADAN AIR TERSEBUT TERBENTUK SECARA ALAMI ATAU BUATAN (WADUK/KOLAM)

• PERAIRAN UMUM TIDAK DIMILIKI PERORANGAN (COMMON PROPERTY/MILIK BERSAMA) DAN MEMPUNYAI FUNGSI POLITIK, EKONOMI, SOSIAL, BUDAYA, HANKAM SERTA DIGUNAKAN SEBESARNYA KEMAKMURAN RAKYAT

• 3). PERAIRAN UMUM MELIPUTI SUNGAI, SUNGAI MATI (OXBOW LAKE), LEBAK-LEBUNG (FLOOD PLAIN), SALURAN IRIGASI, KANAL, ESTUARIA, DANAU, SITU, WADUK, RAWA, GOBAH (LAGUNA), GENANGAN AIR (TELAGA, EMBUNG, KOLONG-KOLONG DAN LEGOKAN-LEGOKAN

4) SUNGAI ADALAH PERAIRAN UMUM YANG AIRNYA MENGALIR SECARA TERUS MENERUS PADA ARAH TERTENTU, BERASAL DARI AIR TANAH, AIR HUJAN/DAN ATAU AIR PERMUKAAN YANG AKHIRNYA BERMUARA KE LAUT, SUNGAI ATAU PERAIRAN TERBUKA YANG LUAS. SUNGAI MATI (OXBOW LAKE) ADALAH BAGIAN DARI ALIRAN SUNGAI YANG ALIRAN AIRNYA TERUPUTUS SECARA PERMANEN ATAU SEMENTARA DARI SUNGAI ASALNYA DAN TERJADI SECARA ALAMI DAN BUATAN. CONTOHNYA DANAU MUNDING DI JAMBI, DAN BAKUOK DI KAMPAR

• LEBAK LEBUNG (FLOOD PLAIN) ADL PERAIRAN YANG TERLETAK DI KIRI-KANAN SUNGAI YANG DIPISAHKAN DARI SUNGAI INDUKNYA OLEH TANGGUL YANG TERBENTUK SECARA ALAMI.

ü SELAMA MUSIM HUJAN, PERAIRAN LEBAK MENERIMA AIR DARI LIMPAHAN SUNGAI DAN SELAMA MUSIM KEMARAU AIRNYA MENGALIR KEMBALI KE SUNGAI

5). DANAU (LAKE) ADL GENANGAN AIR YANG LUAS DENGAN TINGGI DAN LUAS PERMUKAAN AIR BERFLUKTUASI KECIL, YANG KEDALAMANNYA DAPAT DANGKAL, ATAU SANGAT DALAM, MEMPUNYAI ATAU TIDAK MEMPUNYAI SUNGAI YANG MENGALIR KE DALAM ATAU KE LUAR PERAIRAN, TERBENTUK SECARA ALAMI DAN TERISOLASI DARI LAUT.

6). DANAU BUATAN/WADUK (MAN MAKE LAKE) ADL GENANGAN AIR YANG TERBENTUK KARENA PEMBENDUNGAN SUNGAI YANG DIBANGUN OLEH MANUSIA, BIASANYA DIGUNAKAN UNTUK KEPERLUAN PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK, ATAU IRIGASI PERTANIAN, JUGA UNTUK PARIWISATA DAN OLAHRAGA AIR.

• 7. TELAGA, EMBUNG, SITU, TASIK, KOLONG-KOLONG DAN LEGOKAN (WATER TANKS, WATER PONDS) ADL GENANGAN AIR YANG RELATIF TIDAK LUAS.

TERBENTUK SECARA ALAMI ATAU BUATAN, YANG UMUMNYA DITUJUKAN UNTUK MENAMPUNG AIR PADA MUSIM HUJAN, SDGKAN PADA MUSIM KEMARAU BADAN AIR TERSEBUT HANYA BERAIR PADA BAGIAN DALAM SAJA.

8). RAWA ADL PERAIRAN YANG CUKUP LUAS YANG TERDAPAT DI DARATAN RENDAH DG SUMBER AIR DARI AIR HUJAN, AIR LAUT DAN ATAU BERHUBUNGAN ATAU TIDAK BERHUBUNGAN DENGAN SUNGAI, RELATIF TIDAK DALAM, BERDASARKAN LUMPUR DAN ATAU TUMBUHAN MEMBUSUK, BANYAK TERDAPAT VEGETASI, BAIK YANG MENGAPUNG DAN MENCUAT ATAU PUN TENGGELAM

9). GOBAH (LAGOON) ADL PERAIRAN SEMI TERTUTUP DI TEPI PANTAI YANG TERBENTUK KARENA PENUMPUKAN PASIR ATAU SEDIMEN BATUAN YANG MEMOTONG PEMASUKAN AIR KE LAUT ATAU TELUK

• 10). ESTUARIA ATAU PERAIRAN KUALA ADL PERAIRAN LAUT/PANTAI TEMPAT SUNGAI BERMUARA SHG BERHUBUNGAN BEBAS DAN TERBUKA DENGAN LAUT.

v PRINSIP DASAR PENGELOLAAN SDP : ADL SUATU USAHA UTK MEMBERIKAN MANFAAT SEBESAR-BESARNYA BAGI KESEJAHTERAAN MASYARAKAT SKRG DAN AKAN DATANG

PENGELOLAAN HARUS TERPADU (ANTAR SEKTOR DAN SUBSEKTOR PENGGUNA) DI BAWAH KOORDINASI BAPPEDA (BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH) !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar